Sebagian besar pengecer baik online maupun offline, mendapatkan produk mereka dari pemasok. Tidak banyak merek yang memproduksi dan menjual produknya langsung ke konsumen. Strategi saluran penjualan itu semakin populer tetapi jauh dari hal yang umum saat ini. Banyak perusahaan menjual produk tanpa nama atau merek mereka sendiri, kecuali mereka berinvestasi dalam produksi produk private label.

 

Apa itu Private Label?

Produk Private Label adalah produk yang diproduksi pengecer oleh pihak ketiga tetapi dijual dengan nama mereknya sendiri. Pengecer mengendalikan segalanya tentang produk atau produk. Dimana hal itu termasuk spesifikasi produk, bagaimana pengemasannya, dan yang lainnya.

Produk label pribadi kemudian dikirim ke pengecer untuk dijual. Bagi konsumen, mereka adalah produk ‘merek sendiri’ perusahaan. Misalnya, penjual perangkat lunak melakukan kolaborasi dan meluncurkan lini perangkat keras panggilan dengan konferensi label pribadi. Produk tersebut akan diproduksi oleh perusahaan lain. Namun, mereka akan dijual, di bawah nama merek bisnis awal.

 

Kelebihan Private Label

 

1. Adaptasi

Beberapa pengecer bergantung pada pemasok untuk semua produknya. Dengan demikian, mereka bergantung pada mereka untuk bereaksi terhadap permintaan pasar.

Ketika pengecer memproduksi produk label pribadi, mereka bisa lebih gesit. Mereka dapat bereaksi lebih cepat jika mereka melihat adanya perubahan perilaku pelanggan. Dengan panggilan video cepat secara online, mereka dapat memberi tahu produsen untuk mengubah produk sesuai kebutuhan.

 

2. Memperkuat ekuitas merek

Produk memiliki merek yang spesifik dan unik sesuai dengan nama retailer atau pemiliknya. Merek yang identik akan membuat konsumen selalu mengingat nama toko atau produsennya. Jika mereka menyukai produknya, itu mengarah pada ekuitas merek yang lebih kuat.

 

3. Memaksimalkan puncak permintaan

Perusahaan dapat meluncurkan produknya selama musim ramai atau acara khusus untuk memaksimalkan penjualan dari permintaan pasar yang tinggi.

 

4. Kontrol harga yang lebih

Pemilik lebih fleksibel dalam menentukan harga jual. Selain itu, mereka dapat menentukan biaya dan spesifikasi produk dan kemudian menemukan produsen yang sesuai. Mereka bisa menggunakan pengetahuan pasar untuk menentukan spesifikasi produk.

 

5. Independensi pemasaran

Bagi produsen, mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pemasaran. Selain itu, mereka mengamankan pendapatan masa depan melalui kontrak kerjasama. Tugas mereka hanyalah memastikan produk tersebut memenuhi spesifikasi yang diminta oleh pemiliknya.

 

Kekurangan Private Label

 

1. Ketergantungan produksi

Pemilik private label bergantung pada produsen dan tidak memiliki kontrol atas mereka (bukan sebagai pemegang saham). Dengan demikian, kegagalan bisnis produsen bisa mengganggu operasi. Oleh karena itu, pemilik harus memilih mitra yang sudah mapan dengan rekam jejak yang terbukti.

 

2. Kontrol operasi yang rendah

Karena tidak terlibat dalam produksi, pemilik mungkin menemukan bahwa kualitas produk tidak sesuai dengan harapan. Atau, beberapa produk memenuhi persyaratan, namun lebih banyak produk yang tidak lolos secara kualitas. Ketika mereka menarik suatu produk dari pasar, dapat menimbulkan persepsi negatif di kalangan konsumen.

 

3. Persepsi kualitas rendah

Perusahaan biasanya menjual produk private label dengan harga lebih murah. Dan konsumen mungkin mempersepsikan produk semacam itu dengan kualitas yang lebih rendah. Alih-alih menarik permintaan, justru memperburuk citra perusahaan dan mempengaruhi produk perusahaan lain.

Private label adalah pilihan yang terbuka untuk pengecer online dan offline. Di situlah vendor memiliki garis yang diproduksi untuk dijual dengan nama mereka dan dengan branding mereka sendiri.

Keuntungan utama dari hal ini terletak pada kekuatan yang diberikannya kepada para pengecer. Mereka mengontrol produksi, harga, dan branding. Namun, mengambil merek dan produsen yang sudah mapan bukanlah usaha kecil.

Berbagai keuntungan bekerja sama dengan private label dapat Anda temukan bersama Sekawan Kosmetik. Di sini Anda akan menerima proses pembuatan produk dengan bahan dan kualitas yang terjamin. Serta pendistribusian ke seluruh Indonesia dengan cepat dan mudah.