Dalam industri bisnis dan pabrik biasanya banyak istilah yang muncul. Termasuk istilah penting yang dikenal dengan sebutan OEM.
OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang pada dasarnya adalah perusahaan yang memproduksi suku cadang atau produk dalam label pribadi untuk dipasarkan oleh perusahaan lain.
Hal ini tidak berbeda dalam industri kosmetik. Sebagian besar produk yang kami lihat di pasar diproduksi oleh perusahaan OEM berdasarkan permintaan.
Memilih Jasa kategori OEM adalah pilihan yang realistis sebab tidak semua pebisnis bisa memiliki pabrik dan menjalankannya secara efisien.
Perusahaan yang menggunakan OEM adalah perusahaan besar dan berpengalaman. Tentu skala produksi sudah besar dan jasa produksinya sudah banyak dikenal di industri bisnis.
Jika ditinjau lebih sederhana, bisnis dengan menggunakan OEM jauh lebih menguntungkan sebab pelaku bisnis tidak harus memikirkan untuk membuat perusahaan yang besar. Sehingga bisa lebih hemat dan fokus pada kualitas produksinya.
Kehadiran Perusahaan yang membuka layanan OEM adalah sebuah layanan yang memungkinkan banyak orang untuk memulai bisnisnya dengan brand-nya sendiri dan kualitas produksi yang baik.
Sekawan Cosmetics membuka layanan private label untuk mewujudkan impian kamu memiliki produk dengan brand pribadi.
Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, mari pahami istilah OEM ini dalam industri Kosmetik.
Apa saja keuntungan menggunakan OEM di industri kosmetik?
1. Margin Keuntungan Lebih Tinggi
Dalam industri OEM kosmetik, biaya pembuatan produk seringkali dijaga antara 20%-30% dari harga eceran, meski bisa turun hingga 10% atau bahkan kurang.
Bergantung pada model bisnis kamu. Namun bahkan dalam kasus tersebut, produk OEM kosmetik memiliki potensi yang sangat tinggi untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih tinggi daripada menjual produk yang sudah ada.
2. Orisinalitas
Dengan kebebasan untuk memiliki produk dengan OEM kosmetik, Kesempatan terbuka lebar untuk menciptakan produk yang belum pernah terpikirkan oleh siapa pun sebelumnya. Produk yang kamu tahu persis diinginkan banyak orang namun belum dijual di pasar.
3. Kekayaan Intelektual
Saat Kamu membuat merek sendiri, Kamu dapat mempertahankan semua hak milik yang terkait dengan produk dan desain kamu.
Karena kamu adalah memiliki hak atas produk dan konsepnya, Kamu juga memiliki kendali penuh atas semua produknya. Kamu akan selalu dapat mengubah harga, spesifikasi produk, desain, atau formulasinya.
Cara Kerja Bisnis dengan Layanan OEM
- Perusahaan A memiliki merek dan desain produk tertentu, tetapi tidak memiliki fasilitas produksi sendiri atau ingin mengurangi biaya produksi.
- Perusahaan A mencari perusahaan B yang memiliki fasilitas produksi dan pengalaman dalam membuat produk sejenis.
- Perusahaan A dan B membuat kesepakatan OEM, di mana perusahaan B akan memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi dan standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan A, tetapi tanpa menampilkan merek atau logo perusahaan B pada produk tersebut.
- Perusahaan B menyerahkan produk jadi kepada perusahaan A, yang kemudian menjualnya dengan merek dan harga mereka sendiri kepada konsumen akhir.
Dengan cara ini, perusahaan A dapat memanfaatkan keahlian dan kapasitas produksi perusahaan B tanpa harus menginvestasikan modal atau sumber daya sendiri.
Perusahaan B juga dapat meningkatkan omset dan pemasaran mereka dengan menjual produk mereka kepada perusahaan A yang sudah memiliki pasar dan reputasi yang kuat.
OEM merupakan salah satu strategi bisnis yang umum digunakan dalam industri otomotif, elektronik, komputer, dan lain-lain.
Demikianlah arti atau singkatan OEM dan juga penjelasan cara kerja perusahaan dengan layanan OEM. Semoga ulasan ini bermanfaat.